Progam Sederhana Miliki Banyak Keuntungan Bupati Riau

dinas perikanan
Bupati Kampar Sebut DMPE Progam Sederhana Miliki Banyak Keuntungan

Dalam mengentaskan tri zero, zero kemiskinan, zero pengangguran dan zero rumah kumuh berbagai program terus dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Kampar, saat ini seang giatnya Bupati Kampar dalam pengembangan Program Pengembangan Desa Mandiri Pangan dan Energi (DMPE) untuk masyarakatpun terus digesa.

Sebagai percontohan saat ini DMPE sedang dibangun dilahan P4S kubang Jaya Siak Hulu, dilahan lebih kurang 1000 meter2 tersebut selain biourine menjadi biogas dari kotoran ternak sapi, disitu juga aka nada ternak ayam bertelor, budidaya lele, kebun cabe, kebun bawang, dan sayur-sayuran juga akan tanam.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kampar H Jefry Noer, dilahan percontohan pengembangan Desa Mandiri Pangan dan Energi (DMPE) dihadapan para Camat se-Kabupaten Kampar Kubang Jaya Siak Hulu Kabupaten Kampar Kamis (26/2/15)

Dijelaskan Jefry, bahwa dalam lahan yang cuma 1000 meter2 yang terdapat dilahan P4S Kubang jaya tersebut nantinya akan bisa mengasilkan berbagi kebutuhan rumah tangga serta penghasilan ekonomi yang cukup, sebab kita tau dilahan tersebut dibangun rumah seluas 6x6m2, kandang sapi untuk enam ekor seluas 4x6 m, kandang ayam untuk 60 ekor seluas 5x6, kolam lele seluas 4x6 meter dengan isi 2000 ekor.

Untuk biogas penampungan dan pengolahan kotoran padat sapi dan ayam seluas 4x6 meter, dan lahan untuk penampungan biourine sapi 1,5 x 4 meter serta perkebunan lainya. Dengan demikian program DMPE adalah program yang jitu untuk mewujudkan tri zero, disamping hemat, penghasilanpun meningkat.

Untuk itu, nantinya DMPE disetiap kecamatan bahkan nantinya sampai kepada para kades, sebab tanah yang dibutuhkan cuma 1000 meter2 tampa membakar lahan. Jadi melalui Para Camat nantinya masyarakat diminta untuk mendirikan ditempatnya masing-masing demi terwujudnya Kabupaten Kampar Kabupaten termaju di Provinsi Riau.

Karena program DMPE ini sangat bermamfaat tinggi bagi masyarakat, sebab apabila masyarkat sudah memiliki DMPE, masyarakat nantinya cuma akan hanya lagi membeli minyak, sabun, garam dan gula saja lagi. Karena dalam DMPE ini apa yang diinginkan masyarakat untuk dikonsumsi sudah tersedia, mau masak ikan sudah ada, ayam sudah ada, bahkan uang jutaan perbulanpun akan dapat’terang Jefry.

Untuk itu, sekali lagi Jefry menekanka agar secara cepat untuk memprsiapkan lahan dan bahan untuk pembuatan DMPE untuk setiap kecamatannya masing-masing

Unknown

Author & Editor

Artikel Budidaya lele yang kami share adalah bentuk pengalaman pribadi Admin dalam hal budidaya , dan sebagaian berasal dari forum budidaya lele indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dapatkan Produk Aplesi:

  • Copyright © Aplesi™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.