Budidaya ikan nila,mas dan lele andalan Temanggung

Budidaya ikan nila,mas dan lele andalan Temanggung
budidaya ikan nila

Balai Benih Ikan Munseng milik Pemkab Temanggung membudidayakan tiga jenis ikan, yakni ikan nila, ikan lele, dan  ikan mas,  komoditas ini cocok dikembangkan di daerah tersebut.

Kepala  Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Muhammad Hadi Senin (23/2/2015) mengatakan ketiga jenis ikan yang dibudidayakan di Balai Benih Ikan merupakan komoditas yang dibutuhkan dan dikonsumsi oleh masyarakat Temanggung.  "Karena banyak dibutuhkan dan mudah dibudidayakan, maka menjadi pertimbangan dibudidayakan di BBI," katanya.

Dia mengemukakan sampai saat ini Pemkab Temanggung terus meningkatkan budi daya tiga jenis ikan tersebut, baik dengan menggunakan kolam maupun minapadi di sawah.

Produksi ikan di Temanggung pada 2014 sekitar 4.623 ton, sedangkan kebutuhan ikan konsumsi masyarakat sekitar 12.835 ton sehingga daerah ini belum mampu memenuhi kebutuhan ikan dan harus mendatangkan dari daerah lain.

Dia mengatakan perkembangan budi daya ikan sekarang sudah merambah hingga 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung. Pengembangan budidaya ketiga jenis ikan tersebut, disesuaikan dengan kondisi kecamatan masing-masing.

Dia menerangkan pembudidayaan jenis ikan itu perlu melihat klimatologinya, kalau daerah tersebut airnya cukup cocok untuk budi daya ikan nila dan ikan mas, kalau airnya kurang cocok untuk ikan lele. Sedangkan ikan nila sangat cocok di daerah yang sumber airnya mengalir. Daerah dingin tidak masalah, yang penting ketinggian lokasi tidak lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut.

Disampaikan, di daerah tambak dengan air payau ikan nila juga tahan. Agar pertumbuhan cepat maka lebih cocok di daerah yang airnya mengalir. Sehingga ke depan, pengembangan budi daya ikan lele tidak lagi menggunakan kolam terbuat dari terpal, tetapi menggunakan bak fiber.

"Bak fiber lebih tahan lama jika dibanding menggunakan terpal dan bak fiber bisa dipindah-pindah," terangnya sumber (KRjogja.com)

Unknown

Author & Editor

Artikel Budidaya lele yang kami share adalah bentuk pengalaman pribadi Admin dalam hal budidaya , dan sebagaian berasal dari forum budidaya lele indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dapatkan Produk Aplesi:

  • Copyright © Aplesi™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.