Harga pakan lele sekarang

..


Salah satu petani ikan di Kutoarjo, Purwanto (34) mengatakan, yang paling banyak terjadi kenaikan yakni pakan lele. Pakan jensi MS Prima Feed LP-3, misalnya, kini harganya mencapai Rp 270.000 atau naik dari harga sebelumnya Rp 265.000 per karung. Pihaknya tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga tersebut. "Saya tahu kalau harganya naik, ya saat beli pakan ikan. Saya kaget," keluhnya, Senin (17/9).
Dijelaskan, kenaikan harga pakan lele itu menyebabkan keuntungan yang diperoleh petani berkurang dan merugikan petani. Pasalnya, saat ini harga jual lele konsumsi tidak mengalami lonjakan harga. Harga lele dari petani saat ini Rp 14.000 per kilogram. "Saya juga heran, mengapa harga lele tak kunjung naik. Padahal, ini sudah mendekati Ramadan," ujarnya.
Petani lain, Suryanto (45) mengemukakan, kenaikan harga itu diduga dipicu meningkatkanya kebutuhan pasar terhadap pakan ikan. Sebab, beberapa bulan terakhir jumlah petani lele di Purworejo meningkat tajam. Hal itu tak lepas dari program bantuan benih lele yang diberikan pemerintah. "Jumlah lele meningkat, otomatis kebutuhan pakan juga banyak," katanya.
Faktor lain yang menjadi pemicunya adalah prediksi naiknya harga lele konsumsi. Sejumlah pedagang berspekulasi bahwa harga lele akan naik Rp 1.000 per kilogram . Hal itu membuat produsen pakan memanfaatkan momentum tersebut untuk menaikan harga jual. "Lagi-lagi petani yang harus dirugikan," keluhnya.

Unknown

Author & Editor

Artikel Budidaya lele yang kami share adalah bentuk pengalaman pribadi Admin dalam hal budidaya , dan sebagaian berasal dari forum budidaya lele indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dapatkan Produk Aplesi:

  • Copyright © Aplesi™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.