penyaring air ( Biofilter )



Apa itu biofilter:

Biofilter itu bagian dari sistem perlakuan (treatment) terhadap air secara biologis (makanya pake kata bio), dimana sistem yg lain menggunakan cara fisika dan kimiawi. Nah pada thread ini kita akan fokus ke sistem biofilter, meski sambil jalan ada peluang membahas sistem filtrasi lainnya.

Mengapa butuh biofilter:
Kita butuh biofilter karena secara sarkastik (kasar) saya bisa bilang kita gak pengen ikan kita mati karena kualitas air yang jelek di sistem resirkulasi. TITIK. GARIS BAWAH. Gak ada alesan lainnya...hehehe...Hayo pada ngaku, ujung2nya pasti kesana kan? hihi..Intinya sih kita ingin nurunin konsentrasi amoniak di air outlet sebelum masuk lagi sebagai inlet. Mengapa? Karena amoniak bersifat racun bagi ikan, secara umum diatas 1 ppm (mg/L) sudah membahayakan ikan.

Kapan butuh biofilter:
Kita butuh saat kita ingin memberikan perlakuan ke air outlet (bisa lalu jadi inlet lagi) supaya kualitas airnya layak untuk pemeliharaan ikan pada sistem resirkulasi. Jika saat kita pakai sistem air mengalir, maka kebutuhan biofilter ini menjadi tidak begitu penting. Kecuali kualitas air inletnya yang buruk, sehingga perlu dilakukan biofiltrasi atau bahkan juga sistem filtrasi lainnya sebelum lalu berperan sebagai air pemeliharaan.

Dimana biofilter:
Biofilter diletakkan untuk menerima air buangan pemeliharaan ikan dan setelah melalui proses di biofilter, air itu akan kembali masuk ke wadah pemeliharaan ikan (sistem resirkulasi)

Bagaimana biofilter itu:
Biofilter itu selalu memiliki BIOFILTER MEDIA, AIR MASUK, WADAH/TEMPAT (kadang disebut bioreactor) beserta INLET dan OUTLETNYA. Salah satu saja gak ada, maka tidak akan bisa berfungsi. Sudah satu paket sebagai sistem. Biofilter media memberikan area yang diperlukan bakteri nitrifikasi (pemakan amoniak) untuk menempel, maka makin banyak area yang bisa ditempeli bakteri, maka makin baik jenis biofilter medianya. Sampai saat ini, pasir adalah biofilter media yg memiliki Specific Surface Area yang paling besar.

Konsep Biofilter Ideal
Konsep biofilter yang baik dan benar secara ideal adalah begini:
1. High Ammonia Removal Rate: kemampuan menyerap kandungan amoniak yg tinggi, makin tinggi maka makin oke performanya
2. High SSA: berkaitan dengan penghematan tempat dan volume biofilter
3. Low Energy and Low Cost: makin hemat energi dan makin tidak kuras kantong dan dompet maka makin baik
4. High Durability: makin tahan lama maka makin baik
5. Inert: bahan media biofilter tidak atau sangat sulit berubah bentuknya
6. Non Toxic: bahan medianya tidak mengandung bahan beracun, khususnya bagi ikan
7. Easy to be Applied: makin mudah diaplikasikan di lapangan oleh banyak orang, maka makin baik

Tingkat Pengeluaran Amoniak

Sebetulnya tiap spesies ikan punya tingkat pengeluaran amoniak yang berbeda (biasa disebut ammonia excretion rate), hanya saja oleh Timmons sebagai salah satu begawan sistem resirkulasi, dia memberikan rumusan secara umum yang bisa kita pakai dlm sistem resirkulasi...:

P = jumlah pakan harian (kg/hari) x kandungan protein dalam pakan (kg/kg pakan) x 0,092

Nah, dari pertanyaan Bro Otten, kita bisa jawab begini:
Disini kita pakai asumsi kandungan protein dalam pakan adalah 35%, berhubung datanya gak dikasih Bro Otten  jg bisa ngecek dari bungkus pakan masing-masing)

P = 0,5 x 0,35 x 0,092 = 0,0161 kg total ammonia nitrogen per hari
atau 16,1 gram per hari

Jadi biofilter yang kita buat, WAJIB bisa menyingkirkan/menyerap/mengubah sejumlah amoniak yang dihasilkan dalam jumlah tertentu didalam sistem. Makanya pencatatan jumlah dan frekuensi pemberian pakan SANGAT PENTING dalam sistem resirkulasi, karena disanalah awal mula penghitungan untuk desain-nya.

berikut video tentang cara pembuatan biofilter sederhana


Unknown

Author & Editor

Artikel Budidaya lele yang kami share adalah bentuk pengalaman pribadi Admin dalam hal budidaya , dan sebagaian berasal dari forum budidaya lele indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dapatkan Produk Aplesi:

  • Copyright © Aplesi™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.