Minggu, 17 Juni 2012

PERUBAHAN WARNA AIR PADA KOLAM LELE /system floc

2 komentar :

Dari warna hijau (di awal), menjadi putih keruh (agak kuning), berangsur-angsur menjadi kemerahan (merah coklat sampai merah ungu). ini terjadi dalam pembentukan floc dalam kolam lele





  1. warna hijau karena air didominasi algae / phytoplankton.. gelembung di dinding gelas karena saat dijemur algae berfotosintesis menghasilkan oksigen. saat kolam ikan masih berwarna hijau menunjukkan bahwa bahan organik dalam air masih rendah.
  2. seiring dgn penambahan pakan, tetes dan probiotik maka bahan organik dalam kolam meningkat dan bakteri probiotik berkembang sehingga lama-kelamaan menyaingi plankton sehingga warna plankton (hijau) pelan-pelan berkurang hingga menjadi putih atau keruh.. 9masa transisi dari dominasi plankton -ke dominasi bakteri. perkembangan lactobacillus dan bacillus yang diberikan terus berkembang dan membentuk floc serta pH air terus menurun..senyawa asam organik dan CO2 terus bertambah sehingga kolam memerlukan adanya tambahan oksigen yang diperoleh dari aerasi (pompa)
    penambahan karbon organik (molase, tepung terigu) akan terus merangsang perkembangan bacillus dan lactobacillus, mengikat amonia disintesis menjadi protein dalam kondisi cukup oksigen.


    Dengan semakin tingginya bahan organik, oksigen yang cukup rendah (< 4 mg/L), asam organik yg cukup tinggi menyebabkan tumbuhnya bakteri fotosintetik sehingga secara perlahan-lahan terjadi perubahan warna ke arah merah (merah coklat-merah ungu). bakteri ini akan menyerap amonia, asam sulfida yang bersifat racun. sehingga air kolam menjadi lebih aman bagi ikan


    sumber KMP ( komunitas Masamo Pekalongan 
    ) post by prof  Suprapto Ns

2 komentar :

  1. kenapa ya air kolam saya menjadi merah? malah bukan hijau... dengan perlakuan pada waktu awal pengisian kolam kemudian dikasih probiotik dengan tambahan kotoran hewan (sapi) yang dibungkus dengan karung di kolam....apakah air ini tidak berbahaya bagi ikan? apa ini juga merupakah fitoplankton ?

    BalasHapus
  2. slmt pagi. pak saya mau nanya, ttg air kolam lele saya (kolam terpal) warnanya coklat, agak bau. Kenapa ya dan bgmn mengatasinya? kolam baru 4 hari, dan awalnya sy kasih boster plantop dan garam ikan. terima kasih.

    BalasHapus